.

.

Menulis Anotasi Bibliografi dan Mini Research-Based Paper



Anotasi Bibliografi dan Mini Reseach-Based Paper pada dunia perkuliahan juga dianggap penting untuk dapat dilakukan oleh seorang mahasiswa. 

1. Anotasi Bibliografi

Anotasi bibliografi memaparkan kajian atau ringkasan singkat dari beberapa buku atau artikel yang saling berkait. Disamping itu, uraiannya menggambarkan pemahaman penulis terhadap buku atau artikel yang dibahas.

Anotasi bibliografi memuat judul buku atau artikel, nama pengarang, tahun terbit, nama penerbit, kata-kata kunci, dan isi pokok buku/artikel jurnal. Adapun bagian akhir anotasi bibliografi berisi pendapat mahasiswa tentang buku atau artikel yang dikaji.


2. Mini Research-Based Paper

Makalah ini sebenarnya merupakan laporan penelitian skala kecil. Makalah ini mempunyai struktur organisasi yang sama dengan laporan penelitian, seperti skripsi, tesis, dan disertasi. Halaman muka terdiri atas judul, penulis, nama lembaga, latar belakang, kajian pustaka yang menjadi dasar penelitian, metode penelitian yang dipakai beserta teknik pengumpulan data, pemaparan dan pembahasan data, serta simpulan dan referensi. Mini research-based paper mungkin juga mempunyai lampiran. Aspek-aspek yang ada dalam mini research-based paper ini sama dengan skripsi atau tesis atau disertasi.

Sumber bacaan:
Pedoman Penulisan Karya Ilmian UPI 2013

0 Tanggapan untuk "Menulis Anotasi Bibliografi dan Mini Research-Based Paper"

Post a Comment