.

.

Ilmu Yang Harus Dipelajari

Sebelumnya kita telah memahami Keutamaan Ilmu dan Orang Berilmu, kita melihat betapa pentingnya manusia untuk menuntut ilmu pengetahuan sebagai alat dan sarana kita dalam menjalankan ibadah-ibadah kita dengan baik dan benar. Setelah kita memahami hal tersebut, alangkah lebih baiknya kita pula memahami prioritas tingkatan-tingkatan ilmu yang harus kita pelajari.


Tingkatan ilmu dalam prespektif hukum Islam, sebagai berikut:

  1. Ilmu yang hukumnya fardhu'ain yaitu ilmu yang harus benar-benar seorang muslim untuk mengetahui dan mempelajarinya. seperti ilmu-ilmu tentang rukun iman dan rukum islam.
  2. Ilmu yang hukumnya fardhu kifayah yaitu ilmu yang harus dipelajari seorang muslim untuk kepentingan manusia, hanyasaja apabila telah ada seseorang yang mempelajari maka tidaklah lagi seorang muslim yang lain untuk mempelajarinya.
  3. Ilmu yang hukumnya sunnah yaitu ilmu tentang dalil hukumnya ilmu fardhu kifayah.
Adapun dalam mempelajari ilmu tersebut, dalam rangka pelaksanaan ibadah maka terdapat tingkatan yang membedakan dimana kita harus memprioritaskan ilmu yang harus dahulu dipelajari. Tingkatan tersebut, yaitu:
  1. Ilmu Tauhid, ilmu yang mempelajari dasar-dasar terhadap keyakinan kita akan adanya Allah yang esa. sebagaimana pelafalan syahadat oleh seorang muslim. Yang subtansinya ialah Tiada Tuhan Selain Allah, serta kita harus meyakini bahwa Muhammad ialah utusannya.
  2. Ilmu Sirii, ilmu yang berubungan dengan pergerakkan hati seperti riya' dalam melaksanakan perbuatan baik.  Kita perlu mempelajari dan memahami tentang kewajiban dan larangan dalam beribadah yang berkaitan dengan hati.
  3. Ilmu Syariah, yaitu ilmu yang mempelajari tata cara dalam pelaksanaan ibadah kita.
Maka jelas bahwa ilmu yang harus pertama kali kita pahami dengan sungguh-sungguh ialah ilmu mengenai akidah dan tauhid. Agar kita dapat memahami dan menerapkan ilmu yang lain secara benar. Oleh sebab itulah, kita juga perlu berprinsip bahwa Ilmu yang harus kita pelajari ialah ilmu yang bermanfaat dan tidak membahayakan atau menggunakan ilmu tersebut untu melakukan hal-hal yang tidak baik.

Baca juga entri kelanjutannya : Manfaat Adanya Ilmu

0 Tanggapan untuk "Ilmu Yang Harus Dipelajari"

Post a Comment