.

.

Manfaat Adanya Ilmu

Dengan menuntut ilmu, tentu kita akan mendapat berbagai manfaat dalam hidup ini untuk membangun kehidupan yang terbaik nan diberkahi oleh Allah swt. Bukan hanya kebaikkan dunia yang kita raih, melainkan kehidupan di akhirat akan kita raih jika kita bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. Karena jika kita lihat pada realita kehidupannya, tidak ada orang berilmu yang terjebak pada kehidupan yang tidak layak serta kesia-siaan hidup dengan catatan ia berilmu dengan kesungguhan serta jalan kebenaran yang ditujukkan karena Allah serta ia senantiasa menggunakan ilmunya dengan jalan kebaikkan bukan malah menggunakan ilmunya untuk perbuatan yang melenceng dengan ajaran Allah. Seperti menggunakan ilmu nya untuk memintari orang lain, contonya Korupsi yang kita lihat merajalela di negara kita ini. Manusia yang melenceng menggunakan ilmunya tersebut sungguh sebenarnya mungkin ilmunya bermanfaat bagi dirinya untuk kehidupan duniawinya, tetapi ia akan dimurkai oleh Allah swt, sungguh manusia demikianlah yang tidak mendapat manfaat dari ilmunya tersebut, dan sungguh dia berada pada kerugian. Naudzubillah..

Ilmu memberikan manfaat kepada kita dengan memberikan pencerahan hati dan perbaikan kualitas diri kita, mari kita simak cerita dalam suatu riwayat sebagai cerminan kita akan manfaat ilmu:
Diceritakan ada seorang lelaki dari Bani Israil telah mengumpulkan 80 peti penu berisi berbagai buku dan catatan ilmu pengetahuan, tetapi ia tidak mengambil manfaat sedikitpun dari ilmunya tersebut. Allah kemudian memberikan kepada Nabinya suatu wahyu untuk mengatakan kepada lelaki Bani israil itu. Perkataan tersebut sebagai berikut: "Apabila kamu mengumpulkan ilmu yang banyak, niscaya ilmu itu akan memberi manfaat ilmu, kecuali jika kamu mengerjakan tiga al, yaitu: Jangan mencintai dunia membabi buta, karena dunia bukan tempat orang-orang mukmin. Jangan berteman dengan setan, karena dia bukan teman orang-orang mukmin. Jangan menyiksa seseorang, karena menyakiti orang lain bukan perangai orang mukmin.

Sehingga sesungguhnya ilmu akan menghindarkan kita dari bisikan setan dalam jiwa, sehingga dapat menghilangkan keresahan, kesuntukkan dan kesedihan dalam hidup. Dengan adanya ilmu kita akan senantiasa tenang meski kita sedang dihadapkan pada suatu kesulitan. Karena dengan ilmu kita memiliki alat dan sarana dalam menyelesaikan kesulitan-kesulitan tersebut. Ilmu kita perlukan untuk membuat hidup lebih bermartabat, lebih bahagia, indah serta membuat hidup merasa lebih berguna dan berarti dikehidupan sesama manusia serta keberartian kita sebagai makhluk kepada penciptanya, yaitu Allah Swt.

Sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. Ilmu adalah jalan kita untuk melawan kebodohan. Hendakkah anda menjadikan diri ada sebagai Manusia yang bodoh? Sungguh seberapa banyak manusia yang tidak memiliki harapan oleh karena kebodohannya. Marilah kita senantiasa menuntut ilmu, demi kehidupan kita yang lebi baik. Amin.

Baca juga entri selanjutnya: Niatkan Diri dalam Menuntut Ilmu

0 Tanggapan untuk "Manfaat Adanya Ilmu"

Post a Comment