.

.

Menulis Reviu Buku/Bab dari Buku/Artikel

Menulis Review merupakan kegiatan yang dasar yang harus mampu dilakukan oleh seorang Mahasiswa, selain Menulis Makalah. Kita tahu, banyak dosen yang memberi tugas untuk membuat book review atau book report dari buku yang kita gunakan sebagai media belajar perkuliahan itu. maka kali ini saya juga sedikit memberikan ulasan mengenai Menulis Reviu Buku (Book Review).

1. Tujuan

Reviu dibuat untuk memperlihatkan pemahaman penulis terhadap isi sebuah buku atau bab dari buku atau artikel (biasanya artikel jurnal hasil penelitian).

2. Struktur Organisasi (sistematika penulisan)

Sesuai yang dikemukakan Crasswell (2005, hlm. 117) Reviu biasanya terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
  1. Pendahuluan yang berisi identifikasi buku, atau bab dari buku, atau artikel (penulis, judul, tahun publikasi, dan informasi lain yang dianggap penting);
  2. ringkasan atau uraian mengenai isi argumen dari buku/bab dari buku/artikel;
  3. inti reviu berupa inti pembahasan buku/bab dari buku/artikel yang merupakan analisis kritis dari aspek pokok yang dibahas dalam buku/bab dari buku/artikel itu. Dalam bagian ini, penulis menyokong apa yang dikatakannya berdasarkan apa yang ada dalam buku/bab dari buku/artikel sebagai bukti dan sumber ilmiah lain. Dalam bagian ini, penulis bisa juga mengungkapkan kelebihan dan kekurangan dari buku/bab dari buku/artikel yang direviu dengan mengacu pada sumber lain;
  4. simpulan berisi evaluasi ringkas atas kontribusi buku/bab dari buku/artikel secara keseluruhan terhadap perkembangan topik yang dibahas, teradap pemahaman pereviu dan perkembangan keilmuwan.
sumber bacaan:
Pedoman Penulisan Karya Tulis UPI 2013

Semoga bermanfaat...
fadillah buldan

0 Tanggapan untuk "Menulis Reviu Buku/Bab dari Buku/Artikel"

Post a Comment