.

.

Hikmah Bersabar

Dalam segala hal yang terjadi kepada kita tentulah terdapat hikmah yang kita peroleh, seperti perihalnya juga Kesabaran. Karena bersabar bukanlah hanya sikap yang semata-mata tanpa makna atau bukan saja sebagai penghibur, melainkan kita dapat memperoleh ragam manfaat dari penyikapan yang bijak terhadap keadaan yang kita anggap tidak menyenangkan dan sulit itu. Adapun hikmah yang kita bisa peroleh dari sikap sabar, diantaranya:

Penghapusan Dosa dan Kesalahan. Kita sadari bahwasanya manusia tidaklah luput dari tempatnya berbuat kesalahan dan dosa, sekecil apapun perbuatan salah dan dosa tersebut. Karena hal itu sudah merupakan tabiat kita sebagai manusia tempat pembuat dosa. Kesalahan-kesalahan kita yang sejatinya kita lakukan berulang-ulang akhirnya menumpuk dan sangatlah banyak dosa-dosa yang telah kita lakukan tersebut. Yang pada akhirnya dosa-dosa tersebut membuat kita semakin jauh dari rahmatnya Allah swt, karena kasih sayangnya Allah kepada kita yang tidak menginginkan kita jauh kepadanya maka beliau dekatkan kita lagi dengan memberikan ujian-ujian kita dalam berbagai bentuk, seperti musibah, godaan dll, sebagai bentuk pembersihan dosa-dosa kita. Oleh karena itu, sejatinya kita dapat menjalankan ujian tersebut dengan baik, yaitu dengan carayang bijak seperti salah satunya dengan Kesabaran. Seperti Firman Allah, berikut:
“Tidaklah seorang muslim ditimpa keletihan, penyakit, kesusahan, kesedihan, gangguan, kengundah-gulanaan hingga duri yang menusuknya. Melainkan Allah akan menghapuskan sebagian dari kesalahan-kesalahannya”. (HR. Bukhari)

Mendapat Kebaikan dan Dinaikkan Derajatnya. Seperti telah disampaikan diatas bahwa musibah yang diberikan oleh Allah swt bisajadi adalah cara menyampaikan kasih sayangnya kepada kita agar kita mendapatkan kebaikan serta ditinggikan beberapa derajat. Bukankah Allah telah menjelaskan perihal tersebut dalam Al-Qur’an bahwa dia akan menguji hamba-Nya sehingga jelas bagi-Nya, manayang beriman dan tidak beriman. Dengan adanya musibah Allah akan memutuskan tingkatan kedudukan hamba disisi-Nya.

Arah Jalan Meraih Surga. Surga adalah dambaan dan pada dasarnya tujuan kita hidup didunia ini. Tapi dalam memperoleh keberhakkan kita terhadap surga tidaklah mudah kita mendapatkannya. Kita harus membuktikan terlebih dahulu kelayakan kita kepada Allah swt bahwa kita layak mendapatkan Surga. Maka, tentu kita haruslah menjadi seorang yang beriman. Dan salah satu jalan untuk memperolehnya juga dapat dilakukan dengan kita senantiasa bersabar dalam menghadapi ujian-ujian Allah swt. Allah berfirman:
“Wahai anak Adam, jika engkau sabar dan mencari keridhaan pada saat musibah yang pertama, maka Aku tidak meridhai pahalamu melainkan surga”. (HR. Ibnu Majah)

Mengembalikan Seseorang pada Rabb-nya dan Mengingat Kesalahannya. Ketika kita dihadapkan pada musibah, kita memiliki kecenderungan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kita sadari bahwa kekuatan besar penolong kita dari musibah ialah Allah. Kesadaran atas kekuatan Allah, membuat kita berusaha membuat kita senatiasa mengingat kembali kesalahan-kesalahan kita dan menyesalinya serta kemudian kita bertaubat dengan taubatan nasuha. Dengan keadaan yang seperti ini, kita menyadari betul kelemahan dan kesalahan kita sehingga kita senantiasa berharap Allah memberikan rahmatnya kepada kita agar kita mendapat keselamatan dari-Nya.
“Dan sesungguhnya Kami mengutus (Rasul-rasul) kepada umat-umat sebelummu, kemudian Kami siksa mereka denga (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya mereka bermohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri”. (QS. Al-Anam:42)




Sebelumnya: Macam-macam Sabar

0 Tanggapan untuk "Hikmah Bersabar"

Post a Comment