.

.

Makna Terdalam Kesabaran

Makna Terdalam Sabar
Melanjutkan postingan sebelumnya mengenai “Arti Kesabaran”, kali ini saya akan berbagi bahasan mengenai “Makna Terdalam Kesabaran".

Sebagai sebuah solusi pertama saat kita menghadapi kondisi yang tidak menyenangkan dan keadaan dalam kesulitan, kesabaran adalah hiburan bagi jiwa kita yang sedang menimpa kondisi tersebut. Kesabaran bermakna menguatkan hati dalam menjalankan sebuah kondisi yang sulit di kehidupan ini.

Kesulitan cenderung dihindari dan kita enggak menghendaki kondisi kesulitan karena pada dasarnya kesulitan adalah hal yang tidak menyenangkan bagi kita. Dan apabila kita mendapatkan kondisi tersebut rasanya tidak sedikit dari kita menganggap dunia ini sudahlah sempitbaginya. Padahal jika sadari dan mendengarkan apa yang dikatakan orang bijak, bahwa barangsiapa yang mengikutikesabaran, maka kesabaran akan mengantarkannya pada kemenangan.

Ada banyak nasihat yang dapat kita jadikan refleksi dan sandaran bagi kehidupan berkaitan dengan menyikapi keadaan yang tidak kita kehendaki, tidak menyenangkan dan menyulitkan bagi kita dengan cara yang baik, yaitu bersabar. Kita dapat memaknai kesabaran tersebut dalam nasihat-nasihat yang dapat meneguhkan hati kita, pikiran serta jiwa dalam menghadapi kesulitan hidup. Berikut beberapa nasihat tersebut:

Menurut tamsil Arab, sabar itu kunci untuk keluar dari kesulitan, barangsiapa bersabar, maka dia akan berhasil mengatasi permasalahan, atau buah kesebaran itu keberhasilan.
Menurut  Abu ubaidah apabila kita tertimpa, maka kita harus menyadari bahwa diluar kita masih ada musibah lain yang jauh lebih besar, sehingga kita akan merasa bahwa musibah yang menimpa masih sangat ringan.
Wada’ah As-Shami mengungkapkan: “Bersabarlah atas keburukan, jika itu harus engkau terima. Karena bisa jadi keburukan itu membuatmu gembira. Dibawah buih busa itu ada susu yang putih bersih”.
Ishaq Al-Abid mengatakan: ”Mungkin saja Allah mencoba seorang hamba-Nya dengan ujian yang sebenarnya justru melepaskan dirinya dari kehancuran. Sehingga cobaan itu menjadi nikmat terbesar baginya”.
Ishaq mengatakan: “Awas, jangan mengeluh ketika engkau dicengkram taring-taring ujian, karena memang jalan arah kebaikan sangat sulit.”
Kata Bazarjamhar: “Menunggu pertolongan dan jalan keluar dengan bersabar akan mendatangkan kebahagiaan”
Diriwayatkan dari Abdullah Ibnu Mas’ud: Jalan keluar dan kelapangan hati itu ada dalam keyakinan dan keridhaan hati. Sedangkan keresahan dan kesedihan itu ada dalam keraguan dan ketidaksukaan. Dia juga pernah mengatakan: “Orang yang banyak bersabar akan memperoleh yang terbaik.
Terakhir, sesungguhnya Allah akan menjamin kegembiraan ketika kita merasa telah berusaha dengan keras untuk bersabar tetapi tetap saja dilanda kesulitan. Kita harus yakin bahwa Allah akan membalas kesabaran kita dengan sesuatu yang lebih baik sehingga kita dapat mendapatkan makna dari kesabaran kita.

“Sehingga apabila para Rasul tidak mempunyai harapan lagi (tentang keimanan mereka) dan telah meyakini bahwa mereka telah didustakan, datanglah kepada para rasul itu pertolongan Kami. “(QS. Yusuf: 110)
“Sesungguhnya, Allah bersama dengan orang-orang yang sabar”.(QS. Al- Anfal: 46)
“Sesungguhnya, hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”.(QS. Az-Zumar: 10)



Sebelumnya: Arti Kesabaran Selanjutnya: Macam-macam Kesabaran


0 Tanggapan untuk "Makna Terdalam Kesabaran"

Post a Comment